Debu vulkanik Sinabung capai Aceh

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Debu vulkanik Sinabung capai Aceh

Debu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara, telah berimbas ke sejumlah daerah di Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur, Provinsi Aceh, menyebabkan sejumlah warga khawatir terhadap efek bagi kesehatan.

Seorang warga Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, Teungku Munadi Senin (19/02/2018) malam mengatakan, bahwa debu vulkanik mulai terlihat di wilayah tersebut sejak sekitar pukul 20.00 WIB.

"Kami meyakini apa yang jatuh ke atap bangunan, pohon-pohon, sepeda motor dan mobil ini adalah abu vulkanik. Bentuknya bintik-bintik kecil dan bewarna abu-abu. Meski demikian, jarak pandang di jalan-jalan masih normal dan tidak terjadi kabut," kata Tengku Munadi.

Dikatakan, warga mulai khawatir akan efek bagi kesehatan akibat debu vulkanik itu. Meski demikian, pihaknya mengaku tidak tahu dampak apa yang ditimbulkan bagi kesehatan jika terhirup abu vulkanik.

Hal serupa dibenarkan Samsul Jalil, seorang warga lainnya di Kecamatan Madat, Aceh Timur. Menurutnya, debu vulkanik juga telah berimbas ke daerah tersebut. Ini dapat dilihat dari atap bangunan, pepohonan dan mobil.

Beberapa warga di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, terlihat membagi-bagikan masker di persimpangan pusat Kota Pantonlabu. Menurut mereka, masker ini dibagikan atas inisiatif pihaknya.

"Kami membagikan masker ini atas inisiatif pribadi, kebetulan ada rezeki sedikit kita beli masker lalu kita bagi-bagikan. Berhubung stok terbatas, maka pembagian ini hanya sebentar dilakukan," kata Abdul Rafar.

Menurutnya, pembagian masker di kawasan tersebut hanya untuk membantu masyarakat pengguna jalan yang sedang beraktivitas agar tidak terhirup debu dari erupsi Gunung Sinabung yang melutus sejak Senin pagi. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara, Munawar membenarkan bahwa erupsi Gunung Sinabung telah berimbas ke daerah itu. Sebagai bentuk antisipasi dini, pihaknya menganjurkan warga untuk mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Abu vulkanik ini mulai meluas ke Aceh Utara akibat dari embusan angin. Untuk saat ini belum parah, meski demikian kita imbau agar masyarakat untuk mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah," sebutnya.

Polisi bagikan masker

Akibat letusan Gunung Sinabung, anggota Polres Lhokseumawe, membagikan masker kepada pengguna jalan.

“Pembagian masker kepada pengguna jalan oleh polisi yang tergabung dalam Tim Star tersebut adalah sebagai upaya untuk mengantisipasi dampak bahayanya saluran pernafasan dari bahaya debu vulkanik, sehingga tetap aman selama berkendara,” ungkap Kapolres Lhokseumawe AKBP. Hendri Budiman melalui Kabag Ops Polres Lhokseumawe Kompol Ahzan.

Lanjutnya, pembagian masker kepada pengguna jalan itu, khusus diberikan kepada pengguna jalan yang memakai helm, sedangkan yang tidak memakai helm tidak diberikan.

"Kita membagikan masker ini kepada pengendara kendaraan roda dua yang memakai helm, di sejumlah tempat dalam wilayah pusat kota Lhokseumawe. Sehingga pengendara kendaraan dapat terlindungi pernafasannya saat berada di luar rumah," katanya.

Untuk mengantisipasi dampak bahaya abu vulkanik tersebut, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu beraktivitas diluar ruangan.

Selain dapat menganggu pernafasan, abu vulkanik tersebut juga dapat menyebabkan iritasi pada mata. Akan tetapi jika berada di luar ruangan disarankan untuk memakai masker, guna mengurangi bahaya debu tersebut, pungkas Kabag Ops Polres Lhokseumawe.

 

Kemeja \
3 kisah tragis pendiri Indonesia di akhir hidupnya
PDIP optimis Farhat Abas jadi jubir yang baik
Alasan Sekjen PDIP sering 'nyinyir' terkait mahar 1 Triliun
4 sejarah tradisi perayaan HUT RI ini ternyata punya kisah menarik
7 pengetahuan tentang seks yang perlu diketahui sebelum menikah
Menggelorakan semangat pahlawan di dada anak bangsa
Integritas Jokowi diragukan usai tunduk pada ancaman Ma'ruf Amin
Mengintip sekolah fashion muslim pertama di Indonesia
Tanda haji yang diterima Allah
5 bank besar jadi korban sekte penghapus utang
Usai haji, AHY bakal gabung tim pemenangan Prabowo-Sandi
Kubu Jokowi bekali tim kelola media sosial
Bongkar intrik Ma'ruf Amin, Mahfud masih dukung Jokowi?
Lantik Wakapolri Syafruddin, Jokowi amankan suara Polri?
Fetching news ...