Target 73 titik baru BBM satu harga

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Target 73 titik baru BBM satu harga

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) menargetkan Program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga pada 2018 akan disalurkan ke 73 titik di seluruh Indonesia.

Saat menemui Ketua MPR RI Zulkifili Hasan, di Kompleks DPR/ MPR Jakarta, Senin, Kepala BPH Migas Fansurullah Asa mengatakan sebanyak 73 titik lokasi penyaluran BBM Satu Harga tersebut diprioritaskan di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) dan Indonesia timur di Papua dan Papua Barat.

"Tahun ini kami usulkan awalnya cuma 54 lokasi, tetapi setelah bertemu Pertamina dan swasta, dinaikkan menjadi 73 titik," kata Fansurullah yang akrab disapa Ifan.

Ifan menyebutkan dari 73 titik yang ditargetkan pada tahun ini, 67 lokasi akan dibangun oleh PT Pertamina (Persero) dan enam titik lainnya oleh PT AKR Corporindo.

Salah satu lokasi penyalur BBM Satu Harga yang sudah selesai pembangunannya dan siap diresmikan sekitar dua pekan mendatang, yaitu berada di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Ada pun selama 2017, BPH Migas mencatat pembangunan SPBU penyalur BBM Satu Harga mencapai 57 titik yang terdiri dari 54 titik oleh Pertamina dan tiga titik oleh AKR Corporindo.

Dalam audiensi dengan Ketua MPR, BPH Migas juga mengusulkan adanya subpenyalur BBM Satu Harga untuk menjamin ketersediaan dan kelancaran distribusi serta memastikan harga BBM yang dijual sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah.

Ifan memaparkan rasio jumlah penduduk Indonesia dengan SPBU yang tersedia tidak sebanding, padahal idealnya satu SPBU melayani 35 ribu orang dengan rata-rata radius 300 kilometer. Sedangkan, saat ini Indonesia baru mempunyai sekitar 7.000 SPBU.

Menurut dia, pembangunan subpenyalur BBM lebih efisien karena hanya membutuhkan biaya investasi sekitar Rp50 juta sampai dengan Rp100 juta yang dikelola melalui sistem koperasi atau badan usaha milik desa (Bumdes).

"Jumlah penduduk begitu banyak. Kalau dipaksakan bangun SPBU tidak ada yang mau karena tidak masuk keekonomiannya. Balik modal bisa 20 tahun misalnya, belum lagi biaya angkut Pertamina. Maka itu, muncul subpenyalur," kata Ifan lagi.

BBM 1 harga dan beban Pertamina

PT Pertamina (Persero) menyebutkan dengan adanya program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu harga maka beban operasional perusahaan bisa membengkak hingga Rp3 triliun per tahunnya.

"Biayanya akan mencapai Rp3 triliun pada waktu 150 titik itu beroperasi semua. Walaupun bertahap, jadi tiap tahun nambah sekitar 50(titik), nambah 50 lagi, nambah 50 lagi. Jadi nanti dia kalau sudah 150 titik, Rp3 triliun per tahun. Jadi kalau kita bicara dua tahun ya jadi Rp6 triliun. Kalau tiga tahun ya jadi Rp9 triliun," ujarnya Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik, dalam rapat dengar pendapat antara Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDm, Dirut PT. Pertamina, dan DPR di Gedung Parlemen Jakarta, Desember 2017.

Lebih detail Elia menjelaskan, pada tahun ini, dengan dimulainya BBM satu harga biaya operasional perseroan akan mencapai Rp280 miliar. Pada 2018, BMM satu harga sudah mencapai 104 titik, periode satu tahunnya Pertamina bakal mengalami peningkatan biaya operasional yang ditaksir hingga Rp1,3 triliun. Lalu di 2019 dapat menyentuh angka Rp2 triliun.

"Jadi, kalau kita lihat tiga tahun ke depan, ini dia nilainya akan mencapai hampir Rp3,8 triliun selama tiga tahun untuk yang 150 titik itu. Sesudah itu, tiap tahunnya dia rutin Rp3 triliun, karena dia sudah beroperasi 150 titik," jelas dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Ego Syahrial menjelaskan tingginya harga BBM di wilayah Papua dan wilayah timur Indonesia pada umumnya disebabkan belum tersedianya infrastruktur untuk mencapai wilayah tersebut. Pengiriman BBM pun dilakukan dengan menggunakan pesawat udara yang mengakibatkan tingginya biaya transportasi.

Kemeja \
3 kisah tragis pendiri Indonesia di akhir hidupnya
PDIP optimis Farhat Abas jadi jubir yang baik
Alasan Sekjen PDIP sering 'nyinyir' terkait mahar 1 Triliun
4 sejarah tradisi perayaan HUT RI ini ternyata punya kisah menarik
7 pengetahuan tentang seks yang perlu diketahui sebelum menikah
Menggelorakan semangat pahlawan di dada anak bangsa
Integritas Jokowi diragukan usai tunduk pada ancaman Ma'ruf Amin
Mengintip sekolah fashion muslim pertama di Indonesia
Tanda haji yang diterima Allah
5 bank besar jadi korban sekte penghapus utang
Usai haji, AHY bakal gabung tim pemenangan Prabowo-Sandi
Kubu Jokowi bekali tim kelola media sosial
Bongkar intrik Ma'ruf Amin, Mahfud masih dukung Jokowi?
Lantik Wakapolri Syafruddin, Jokowi amankan suara Polri?
Fetching news ...