Darurat keselamatan kerja pada proyek infrastruktur

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Darurat keselamatan kerja pada proyek infrastruktur

 

Anggota Komisi V DPR RI Hamka Baco Kadi meminta pemerintah untuk lebih mengutamakan aspek keselamatan kerja ketimbang mengejar waktu penyelesaian proyek infrastruktur. Hal itu diungkapkan saat meninjau proyek Tol Becakayu, di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, Selasa, (20/02/2018).

"Kami akan melakukan evaluasi menyeluruh sampai menemukan titik terang. Oleh karena itu, pembangunan jalan layang di seluruh Indonesia dihentikan dulu. Molor tidak apa-apa daripada makan korban," ujar Hamka. 

Hamka mengatakan salah satu hal yang akan dievaluasi terkait tentang waktu pengerjaan proyek. Ia pun menyarankan pengerjaan proyek lebih baik dilakukan siang hari, karena jika malam hari sering terjadi kecelakaan karena mengantuk.

"Apakah lebih baik dikerjakan siang, karena malam membuat mengantuk. Kan sudah tujuh kali kecelakaan termasuk ini," katanya.

Darurat K3

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI Nurhasan Zaidi mengatakan target pemerintah membangun infrastruktur di seluruh Indonesia tidak diikuti dengan kesiapan semua elemen pendukungnya, termasuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang diabaikan.

“Jenis kecelakaan kerja terlihat serupa dan seolah pelaksana pekerjaan maupun pemerintah tidak mengambil pelajaran dari kejadian serupa. Sungguh menakutkan dan tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak kecelakaan lainnya yang mungkin terjadi ke depannya,” katanya.

Politisi F-PKS itu menambahkan, meskipun pemerintah telah membentuk Komite Keselamatan Konstruksi (KKK) pada Januari lalu, akan tetapi  belum mampu mengurangi jumlah kecelakaan yang terjadi setiap bulannya. Hal ini terkesan hanya pencitraan untuk menenangkan kecemasan publik, belum mampu menjawab keinginan publik supaya benar-benar tanpa kecelakaan (zero accident).

Atas berbagai kasus tersebut, Nurhasan menilai, wajar bila dikatakan bahwa proyek pembangunan infrastruktur serentak saat ini masuk pada ranah darurat keselamatan kerja.

“Karena itu, harus ada langkah taktis dan strategis. Pemerintah harus bertanggung jawab. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Komite Keselamatan Konstruksi harus segera menuntaskan audit pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia,” kata politisi asal dapil Jawa Barat itu menandaskan.

Dalam 6 bulan terakhir, Nurhasan mencatat setidaknya terjadi tujuh kecelakaan di antaranya, Proyek Light Rail Transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan, Agustus 2017. Saat itu, dua unit crane dengan bobot 70 ton dan 80 ton yang sedang dioperasikan tiba-tiba jatuh dan mengenai sejumlah rumah.

Selain itu, Jembatan tol penyeberangan orang pada pengerjaan proyek jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Bocimi di Kabupaten Bogor, September 2017,  Girder box jatuh di proyek jalan tol Pasuruan-Probolinggo, Jawa Timur pada Oktober 2017. Selanjutnya, kasus jatuhnya crane di jalan tol Jakarta-Cikampek pada November 2017 dan ambruknya girder saat akan dipasang di proyek jalan tol Pemalang-Batang di Jawa Tengah, Desember 2017.

Kasus terakhir, ungkap Nurhasan, terjadi pada Selasa (20/2/2018). Tiang pancang proyek tol Becakayu (Bekasi- Cawang- Kampung Melayu) roboh pada pukul 03.00 WIB. Lokasi kejadian di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur. Sebanyak tujuh pekerja tertimpa reruntuhan. Empat orang berhasil dievakuasi. Tiga orang pekerja masih tertimbun. Sementara itu, empat korban yang berhasil dievakuasi dilarikan ke RS Polri. 

Kemeja \
3 kisah tragis pendiri Indonesia di akhir hidupnya
PDIP optimis Farhat Abas jadi jubir yang baik
Alasan Sekjen PDIP sering 'nyinyir' terkait mahar 1 Triliun
4 sejarah tradisi perayaan HUT RI ini ternyata punya kisah menarik
7 pengetahuan tentang seks yang perlu diketahui sebelum menikah
Menggelorakan semangat pahlawan di dada anak bangsa
Integritas Jokowi diragukan usai tunduk pada ancaman Ma'ruf Amin
Mengintip sekolah fashion muslim pertama di Indonesia
Tanda haji yang diterima Allah
5 bank besar jadi korban sekte penghapus utang
Usai haji, AHY bakal gabung tim pemenangan Prabowo-Sandi
Kubu Jokowi bekali tim kelola media sosial
Bongkar intrik Ma'ruf Amin, Mahfud masih dukung Jokowi?
Lantik Wakapolri Syafruddin, Jokowi amankan suara Polri?
Fetching news ...